MATA PELAJARAN           : PAI DAN BUDI PEKERTI

MATERI POKOK                 : OPTIMIS, IKHTIAR DAN TAWAKAL

PERTEMUAN KE                : 2

NAMA GURU                     : SYAEKUDIN

1. RENCANA PEMBELAJARAN/ LESSON PLAN

Pada pertemua kedua ini, guru menyampaikan materi pembelajaran tentang hukum bacaan qalqalah dan kandungan Q.S. Az-Zumar/39: 53, Q.S. An-Najm/39: 39-42, Q.S. Ali Imran/3: 159 tentang sikap optimis, ikhtiar dan tawakal melalui Microsoft Teams. Informasi penyampaian materi kepada peserta didik dilaksanakan melalui grup WA kelas masing-masing. Peserta didik sebelumnya diminta untuk mengisi daftar hadir melalui link yang dishare via WAG dan Kelas Teams. Selanjutnya untuk menguji pemahaman peserta didik diberikan tugas mengerjakan Penilaian Harian (PH) I melalui Microsoft Forms pada tab tugas di kelas teams.

2. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Guru memulai pembelajaran sesuai jadwal pelajaran dengan menyapa dan memberi informasi kepada peserta didik melalui grup WA. Informasi yang diberikan terutama terkait dengan materi pembelajaran yang harus dipelajari. Peserta didik tidak lupa diingatkan untuk mengisi daftar hadir sesuai link yang sudah dibagikan.

Setelah peserta didik selesai mengisi daftar hadir selanjutnya diminta untuk mengerjakan soal Penilaian Harian I di kelas teams. Peserta didik diberi waktu 5 hari untuk menyelesaikan tugas tersebut dan masih ada tenggat waktu sampai pertemuan berikutnya. Guru memberi motivasi agar peserta didik mengerjakan tugas tepat waktu.

3. PARSTISIPASI PESERTA DIDIK

Pada pertemuan kedua ini, parisipasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas sudah ada peningkatan. Namun demikan rata-rata tingkat partisipasi masih berkisar 60%, kecuali kelas unggulan. Untuk kelas unggulan (9E) tingkat partisipasinya sudah baik, yaitu 90%. Masih ada 2 anak yang belum mengisi daftar hadir dan mengerjakan tugas.

Peserta didik yang belum mengikuti pembelajaran daring ini selanjutnya dilaporkan kepada wali kelas untuk mendapatkan pembinaan.

4. CAPAIAN PEMBELAJARAN/ HASIL PENILAIAN

Capaian pembelajaran pada pertemuan kedua ini rata-rata masih di bawah KKM (72) sehingga perlu dilakukan pembelajaran dan penilaian remedial. Selain penilaian pengetahuan dengan microsoft form juga dilakukan penilaian sikap melalui ketepatan dalam pengerjaan tugas dari guru.